Kamis, 22 November 2012

Sejarah dan pengertian Joomla! .



Apa itu Joomla?
Mungkin bagi orang yang belum mengenal joomla, joomla sangatlah asing bagi mereka. Namun setelah kita mengenal dan mempelajarinya, kita akan tahu bagaimana mudahnya sebuah website itu dibuat hanya dengan menggunakan joomla. Joomla adalah salah satu CMS yang memiliki komunitas terbesar diseluruh dunia dengan didukung oleh para pengembang ketiga yang akan terus mengembangkan program inti Joomla!.
Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHPMySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basis datanya.
Sejarah Joomla
            Munculnya Joomla berawal dari konflik internal di dalam kepengurusan pengembang inti Mambo Open Source atau yang lebih sering dikenal dengan Mambo pada tahun 2005. Pihak pendiri (founder) mambo ingin membentuk sebuah institusi yang bernama Mambo Foundation. Gagasan tersebut ditentang oleh pihak ketika (3rd developer), alasannya karena jika pengembangan mambo dikendalikan oleh Mambo Foundation dikhawatirkan suatu saat mambo akan dikomersilkan. Sekitar sebulan Agustus 2005, sebagian pengembang inti Mambo keluar dari kepengurusan tersebut bergabung dan pada tahun 16 september 2005 membuat sebuah CMS bernama Joomla! Open Source. Rilis versi awal joomla yaitu versi 1.0.0 yang merupakan ‘cloning’ dari mambo versi 4.5.3. Disebut clonning karena memang semua sciptnya sama persis. Nama Joomla! Merupakan sebuah ejaan yang berkaitan dengan ilmu fonetik dari kata Swahili “Juumla” yang memiliki arti bersama –sama atau secara keseluruhan. Komunitas dibelakang Joomla! Meliputi para pengembang, para perancang, pengurus sistem, penerjemah, para penulis isi dan yang paling penting yaitu pengguna (end user). Ketika buku ini ditulis, Joomla sudah merilis versi 1.5.14. meskipun Joomla menggunakan bahasa PHP, bukan berarti harus memahami seluruhnya tentang bahasa PHP. Bagi mereka yang tidak memahami kode HTML , ASP, CGI , maupun php tidak perlu takut untuk mempelajarinya karena meskipun tidak tahu tentang kode-kode tersebut, namun masih bisa membuat sebuah Web Server  yang dinamis secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat lengkap. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Joomla!, dapat mengakses langsung ke alamat website resminya di http://www.Joomla.org.
Fitur-fitur utama  Joomla!
Joomla is powerfull. Dengan Joomla! Pengguna dengan mudah dan bebas menentukan apa saja yang akan dibuat untuk memperkaya dan mempercantik websitenya. Sehingga pengguna dengan sedikit kemampuan pemprograman dapat dengan mudah membuat wibesitenya yang menarik. Berikut ini adalah beberapa keunggulan Joomla! Antara lain:
1.      Kemudahan instalasi dan pengelolaan.
Tahapan instalasi Joomla! Layaknya aplikasi dekstop kebanyakan, sehingga pengguna awam dapat dengan mudah melakukannya. Selain itu, dengan Joomla! Pengguna dapat dengan mudah mengatur dan pengelola wibesite.
2.      Pemisahan frontend dan backend
Didalam Joomla! Terdapat pemisah frontend dan backend sehingga dengan mudah dapat dapat mengatur dan mengelolanya.. Interface wibesite disajikan seperti frontend, sedangkan semua administratif dan tugas manajemen tersisa pada backend. Beberapa tugas manajemen umum, pemeriksaan naskah, mengirim artikel juga dapat diakses dari frontend.
3.      Sistem templating yang mudah
Joomla! Mempunyai suatu sistem templating mudah yang memperbolehkan perancang dan pengembang untuk mengembangkan dan menyesuaikan sesuai kegiatan.
4.      Eextensibility melalui component, plugins dan module
Joomla! Mempunyai banyak component, plugins dan module yang mengijinkan pengguna untuk menambahkan, memodifikasi sesuai keinginan. Sekarang terdapat lebih dari 4,200 ekstensi yang siap dipakai untuk Joomla! ,dan dapat diakses melalui situs http://extensios.Joomla!.og.
5.      Search Engine Friendly URLs
Dalam mengelola website search engine optimization adalah suatu hal penting. Dan Joomla! Telah menyediakan pilihan untuk itu.

Persyaratan untuk instalasi Joomla!
Sistem minimum yang dibutuhkan untuk instalasi Joomla 1.5 x adalah :
1.      Apache versi 1.3 ke atas
2.      PHP versi 4.3.x ke atas
3.      MySQL versi 3.23.x ke atas
Dari ketiga software di atas kita diharuskan mengkonfigurasinya yang tidak mudah dan memerlukan waktu apalagi yang masih awam dengan ketiga hal di atas. Namun, jangan khawatir karena orang awampun dengan mudah dapat menjalankan letiga aplikasi ini dengan satu paket software yang sudah menyediakan Apache, PHP, dan MySQL. Ada berbagai macam web server saat ini, diantaranya: PHPTriad, EasyPHP, XAMP, Wamp Server, Uniserver, AppServ, dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar